Cara Melihat IP Mikrotik Di Winbox

Cara Melihat IP Mikrotik Di Winbox

Halo teman-teman satria mahir, pada kesempatan kali ini saya mau menulis artikel tentang Cara Melihat IP Mikrotik Di Winbox.

Router Mikrotik memiliki sekian banyak tool yang bisa difungsikan utk melakukan monitoring/pemantauan kepada traffic yang lalu lalang di router. 

Seluruhnya tool tersebut dapat difungsikan buat memudahkan administrator jaringan dalam melakukan pemantauan jaringan ataupun pencatatan laporan pemakaian internet. Pemantauan berkala seperti Biasanya pemakaian bandwith perbulan sampai yang mesti real time disediakan oleh Mikrotik.

Seperti tool satu ini, sebenarnya sudah lama ada di feature RouterOS Mikrotik merupakan IP Accounting. Tool IP Accounting yaitu salah satu feature yang diperlukan utk mencatat seluruhnya trafik IP yang melintasi router. 

Feature ini dapat meringankan Administrator jaringan dalam melakukan pemantauan traffic data yang difungsikan oleh masing masing user, berdasarkan IP address yang terpasang di tiap-tiap user.

Konfigurasi yang bisa dilakukan cukup mudah, cukup dengan mengaktifkan saja feature Accounting yang berada di menu IP => Accounting.

Cara aktivasinya dengan memberikan tanda teliti (√) pada parameter enable accounting. Dengan melakukan hal tersebut dengan cara Sistem, IP Acounting di router Anda sudah aktif.

Agar IP Accounting router tersebut bisa di akses via website browser, aktifkan situs access dengan masuk ke tombol situs access seterusnya berikan tanda Teliti( pada parameter Accessible via Situs. 

Setelah itu isi parameter Address dengan IP address dari COMPUTER atau netbook yang dimanfaatkan buat melakukan monitoring.

Cara akses hasil dari accounting, mula-mula Buka Browser seterusnya tuliskan alamat "IProuter/accounting/ip.cgi" . Berikut Contoh penampilan dari akses via situs browser.

Tidak cuma penampilan website browser yang mesti kita refresh buat menonton traffic real timenya, sebenarnya bisa juga di lihat langsung di winbox dengan menekan tombol snapshot setelah itu Take Snapshot.

Tetapi kalau hanya menyaksikan penampilan angka-angka seperti pada penampilan website access ataupun Snapshot, tentu kurang di sukai atau kurang enak di pandang mata. 

Kalau menonton data seperti itu lebih enak jikalau berbentuk Grafik lebih-lebih bisa memiliki warna, biar tidak bosan buat Menyaksikan. Utk itu bisa memanfaatkan Aplikasi utk edit data angka tersebut jadi suatu grafik yang lebih enak dilihat.

Aplikasi IP Traffic memang lah ada Sekian banyak, ada salah satu yang kita mencoba namanya Attix. Utk unduh aplikasi Attix klik di sini .

Konfigurasi yang mesti dilakukan sebelum menjalankan aplikasi Attix ini, perdana merupakan melakukan setting pada file 'snifferservice.ini' dan sesuaikan dengan jaringan yang ada di Router.

Seterusnya install file aplikasi dengan nama 'SnifferService.exe', setelah melakukan instalasi service 'sniffer' akan aktif, dengan meliki status 'Running'.

Hasil dari traffic data bisa dipandang kalau Anda mengakses aplikasi dengan nama file 'SniffViewer.exe' sehingga akhirnya akan seperti berikut.

Dengan Aplikasi ini penampilan data tiap-tiap client berdasarkan IP address bisa di lihat dengan penampilan yang lebih menarik.

Cara Melihat IP Mikrotik Di Winbox

Dalam melakukan konfigurasi satu buah router bisa memanfaatkan sekian banyak metode adalah dengan memanfaatkan SSH, Telnet, serial console, dan bisa juga memanfaatkan browser(webfig). Namun Mikrotik memiliki aplikasi husus yang Free dan sangat praktis yang sangat ternama karena GUI, ialah Winbox.

Mungkin sudah banyak yang mengetahui dan dapat mengoperasikan Aplikasi Winbox karena memang lah sudah sangat populer dikalangan pengguna Router Mikrotik. Tapi Pada artikel kali ini kami akan membahas berkaitan sekian banyak Pedoman dan Cara dalam memakai Aplikasi Winbox agar semakin maksimal dalam menggunakan atau memakai aplikasi Winbox ini.

1. Remote Router MAC Address dan IP Address
Mikrotik bisa diremote memakai MAC-Address ataupun IP-Address. Remote MAC-Address sebaiknya difungsikan saat awal melakukan konfigurasi sebelum Router memiliki IP Address saja.

Pemakaian Winbox harian buat konfigurasi Router Mikrotik sebaiknya memakai IP-Address. Konfigurasi memanfaatkan IP-Address akan lebih stabil karena memakai protocol TCP.

2. Feature Safe Mode
Dalam melakukan konfigurasi kadang tidak jarang tanpa sengaja atau karena cobalah sebuah feature maka melakukan kesalahan setting yang mengakibatkan winbox putus dan Router tidak bisa diakses. Atau bisa juga konfigurasi yang kita tambahkan mengganggu kinerja router yang sedang Berlangsung. Buat meminimalkan kesalahan konfigurasi kita dapat memakai tombol "Safe Mode".

Pada saat Safe mode di tekan / aktif, konfigurasi penambahan tidak akan tersimpan kalau winbox close, baik dengan cara sengaja atau winbox putus karena konfigurasi baru yang ditambahkan. Jikalau sudah percaya dengan konfigurasi penambahan yang di buat tekan sekali lagi tombol safe mode (nonaktif), sehingga konfigurasi baru akan tersimpan.

Berkenaan feature Safe Mode diawal mulanya sudah sempat dibahas pada artikel Meminimalkan Kesalahan Konfigurasi dengan Safe Mode.

3. Hide Password
Feature yang dengan cara default aktif, di mana feature ini akan menyembunyika karakter asli yang diinputkan sebagai kata sandi pada sekian banyak konfigurasi, seperti kata sandi pada PPP Secret, Wireless Security Profile dan Hotspot User. Apabila ingin menyaksikan karakter asli kata sandi tersebut, feature Hide Kata sandi bisa dinonaktifkan.

Caranya cukup mudah tinggal lakukan uncek saja pada feature Hide Kata sandi. Walau sudah dinonaktifkan, kata sandi pada System>User tetap akan di sembunyikan dengan mengganti karakter jadi tanda bintang (*).

4. Dashboard
Dashboard winbox bisa dipakai buat menampilkan sekian banyak info merupakan Time, Date, CPU load, memory, dan Uptime.

Time yaitu waktu saat ini, pasti saja info time akan valid apabila kita sudah mensetting SNTP client atau kita memanfaatkan RouterOS yang baru di mana feature up-date time dengan cara default aktif saat terkoneksi internet. Berita yang ditampilkan adalah kabar real time.

Sama halnya dengan penampilan Time & Date, berita CPU yaitu data real time pemakaian CPU Router. Memory yaitu info real time dari sisa RAM yang ada di router. Uptime menunjukkan lama waktu Router sudah aktif / menyala.

Dengan adanya kabar yang tertampil langsung di dashboard akan lebih memudahkan kita dalam monitoring Router saat melakukan remote winbox.

5. Kolom Pada Winbox
Pada penampakan - penampakan jendela yang ada di winbox dengan cara default hanya menampilkan sedikit info saja. Contoh di queue list hanya ada nama, target, unggah - unduh max limit, packet marks, dan keseluruhan max limit.

Seandainya ingin menampilkan info lain Anda bisa klik kotak kecil seperti anak panah kebawah, di bawah kotak find. setelah itu "Show Columns", ada banyak parameter yang bisa ditampilkan atau bisa juga uncek utk tidak ditampilkan. Atur penampilan kolom sesuai Keperluan, buat memudahkan kita dalam melakukan monitoring.

Terkecuali itu tiap-tiap column memiliki feature sorting utk mengurutkan nilai pada column dari A-Z, besar ke kecil atau sebaliknya.

Feature ini dipakai buat menolong dalam meilihat data mana yang paling besar, sedangkan Rule Queue, Firewall dan seterusnya tetap berlangsung sesuai urutan angkat (nomor)

6. Buka Tutup Parameter
Dalam melakukan konfigurasi tidak jarang kita membuka-buka parameter yang ada dalam membuat suatu rule tertentu, tetapi kadang tidak jarang lupa buat menutup kembali parameter yang tidak Dipakai. Padahal router mikrotik akan punya anggapan bahwa parameter tersebut terisi atau parameter tersebut dianggap aktif oleh router. Maka rule tersebut malah tidak jalan atau tidak Bermanfaat. Hal tersebut tidak jarang berjalan saat kita membuat rule firewall karena benar-benar dalam firewall memiliki banyak parameter terlebih di tab extra yang tak jarang mengundang rasa penasaran kita.

Sehingga seandainya satu buah parameter tidak jadi Diperlukan, sebaiknya jangan sampai dihapus manual, tapi ditutup dengan klik tanda panah kecil di sebelah kanan.

7. Versi Winbox Loader
Aplikasi winbox nyata-nyatanya juga memiliki versi yang Tidak sama. versi terkini saat dibuatnya artikel ini ialah v3.11. Anda dapat menonton versi tersebut pada bagian atas aplikasi winbox sebelum melakukan remote.

RouterOS yang baru umumnya tidak bisa diremote memakai winbox versi lama. Sehingga dari itu bila ada merilis winbox baru sebaiknya gunakan winbox yang paling baru. Buat memperoleh versi winbox versi terkini bisa masuk ke menu Tools --> Check for Updates. Selanjutnya lakukan upgrade, dengan syarat notebook kita terkoneksi dengan internet. Winbox paling baru bisa difungsikan utk seluruhnya versi RouterOS.

8. File Management
Dahulu dalam melakukan unggah ataupun unduh file ke router buat OS tidak hanya windows mesti memakai software FTP. Saat ini memakai Winbox yang baru, sudah ada tombol unggah apabila ingin melanjutkan file ke dalam router.

Utk membawa file dari Router, bisa dilakukan dengan pilih file seterusnya klik kanan download.

9. Cara Backup List
Winbox Loader juga dapat melakukan daya simpan data remote Router baik buat IP Address, Username ataupun Kata sandi. Caranya dengan menekan tombol Add/Set sebelum klik tombol Connect saat melakukan remote Router. Dengan begitu sehingga kabar Router akan tersimpan pada tab Managed. Jikalau ingin melakukan remote ulang, tinggal double click pada list Router yang diinginkan.

Saat sudah memiliki banyak list router di winbox loader, kalau Anda ingin ganti notebook atau Computer, Anda bisa melakukan export import buat list yang sudah ada di winbox loader laptop/PC sebelumnya.

10. Master Kata sandi
Saat Anda memiliki banyak List Router di winbox loader, hati hati seandainya netbook Anda diperlukan oleh orang lain, sebaiknya lakukan "Set Master Kata sandi utk melindungi list winbox loader di notebook Anda.

Master kata sandi bisa diaktifkan utk melindungi list Router yang telah tersimpan. Tanpa memasukkan Master Kata sandi kita tidak bisa menyaksikan list Router pada tab Managed serta melakukan export / import list Router yang telah ada.

Demikianlah artikel yang bisa saya tulis mengenai Cara Melihat IP Mikrotik Di Winbox, semoga bermanfaat dan terima kasih.