Cara Mengetahui Situs Yang Dibuka Client Di Mikrotik

Cara Mengetahui Situs Yang Dibuka Client Di Mikrotik

Halo teman-teman satria mahir, pada kesempatan kali ini saya mau menulis artikel tentang cara mengetahui situs yang dibuka client di mikrotik.

Cara Mengetahui Situs Yang Dibuka Client Di Mikrotik

Mengetahui web yang di buka oleh client benar benar penting dilakukan kalau anda memanfaatkan mikrotik.

Ada banyak argumen orang melakukan hal tersebut, mulai dari buat Memantau, mencegah penyalahgunaan dan masih banyak lagi.

Apabila anda memanfaatkan mikrotik, hal tersebut bisa anda lakukan dengan memanfaatkan pertolongan software winbox. Pastinya ada sekian banyak pengaturan yang butuh anda lakukan.

Pada pembahasan kali ini, kami akan merangkum dengan cara lengkap cara mengetahui web yang di buka client di mikrotik yang bisa anda coba.

Utk mengetahui website yang di buka di mikrotik ada sekian banyak penyetingan yang mesti anda lakukan, seperti melakukan setting router, setting loging dan setting server. Buat software yang dimanfaatkan menonton aktifitas client, anda bisa memakai Winbox.

Melakukan Setting router

Pada step ini anda butuh melakukan configurasi langsung di router tersebut, pastikan bahwa anda sudah melakukan Setting Jaringan dan Hotspot dengan benar, maka client sudah bisa membuka dengan jaringan internet yang anda buat.

Melakukan Settings Logging di Mikrotik

Karena pada permasalahan awal, ialah utk mengetahui web atau web yang di buka oleh client, sehingga kita bisa memakai feature Loggin yang terdapat di microtik atau winbox.


1. Perdana, mari buka software Winbox yang telah anda install, apabila belum mari unduh langsung melalu google atau langsung ke situs resmi mikrotik
2. Jikalau Winbox sudah terbuka, pada bagian menu bagian kiri, silahka tekan sistem lalu memilih opsi logging
3. Seandainya logging sudah terbuka, sekarang masuk ke tab Actions, setelah itu anda bisa menyambung log action baru dengan menekan tanda tambah pada bagian atas
4. Pada bagian ini anda butuh isikan sekian banyak kabar yang dibutuhkan, berikut penjelasan singkatnya :
Name : <isi bebas>,
Type : remote,
Remote Address : (Alamat IP Server anda),
Remote Port : (defaul atau biarkan saja),
Check List atua centang BSD Syslog,
Syslog Facility : syslog
5. Seandainya sudah terisi dengan benar, mari tekan OK buat menyimpan
6. Kemudian, kita masuk ke tab Rules, disini anda bisa meneruskan rules baru dengan menekan icon tambah pada bagian atas
7. Pada bagian ini mari isi sesuai kabar yang dibutuhkan, sekian banyak berita juga mengacu ke action yang diawal mulanya anda buat.
8. Kalau sudah terisi dengan benar, lanjut dengan menekan tombol OK
9. Pada step ini anda sudah berhasil melakukan penyetingan Logging pada winbox

Melakukan Settings Logging Pada Server

Sekarang masuk ke step penyetingan server yang nantinya akan difungsikan utk menaruh log dari web yang di buka oleh client. Pada tips ini server-nya memakai system Operasi Debian 8 (Jessie).

Nantinya log yang sedia akan ditampilkan dalam bentuk website atau interface Website, sehingga dari itu anda mesti menginstall apalagi dulu paket server website dan tools lainnya.

1. Gunakan perintah berikut ini utk melakukan penginstallan paket server :
# apt-get install apache2 php5 mariadb-server phpmyadmin
2. Anda bisa pilih mau memanfaatkan server apa, mau itu mariadb atau mysql, sesuaikan saja dengan kebutuhan.
3. Seterusnya, agar bisa menerima log dari mikrotik yang telah kita setting tadi, silakan install rsyslog dan rsyslog-mysql, gunakan perintah berikut ini :
# apt-get install rsyslog ryslog-mysql
4. Pada step ini anda hanya butuh melakukan perintah yang Sedia, kalau nantinya ada opsi yang meminta buat memasukkan kata sandi mysql, mari isi dengan kata sandi mysql yang telah anda isi saat proses penginstallan sebelumnya
5. Sekarang, masuk ke step konfigurasi utk rsyslog-mysql, yang butuh anda lakukan yakni dengan memberikan perintah comment pada bagian /etc/rsyslog.conf, seperti berikut ini
$ModLoad imudp
$UDPServerRun 514
$ModLoad imtcp
$InputTCPServerRun 514
6. Jikalau sudah selesai, terakhir anda butuh menaruh dan restart service ryslog yang telah di setting tadi, silakan gunakan perintah berikut ini :
# service ryslog restart

Menonton Log Website yang Di buka Oleh Client

Jikalau step diawal mulanya sudah berhasil dilakukan, sekarang anda sudah bisa mengetahui web yang di buka oleh client. Karena memanfaatkan media database berbasis Website, sehingga anda butuh masuk ke phpmyadmin lebih-lebih dahulu.

1. Mula-mula, pada browser anda mari ketik alamat_ip_server/phpmyadmin
2. Seterusnya, silakan masuk ke tabel Syslog
3. Pada bagian ini anda butuh memasukkan perintah berikut ini utk menampilkan seluruh data web yang di buka oleh client : SELECT DeviceReportedTime,Message,SysLogTag FROM SystemEvents
4. Nantinya seluruhnya data web yang sempat di buka client akan muncul, beserta sekian banyak info Yang lain, salah satunya tanggal.

Demikianlah artikel yang bisa saya tulis mengenai cara mengetahui situs yang dibuka client di mikrotik, semoga bermanfaat dan terima kasih.