Cara Remote Mikrotik Dari Luar Jaringan

Cara Remote Mikrotik Dari Luar Jaringan

Halo teman-teman selamat datang, pada kesempatan kali ini saya mau menulis sebuah artikel tentang cara remote mikrotik dari luar jaringan.

Cara Remote Mikrotik Dari Luar Jaringan

Seperti yang kita ketahui bila berlangganan indihome akan mendapati IP Publik dinamis yang artinya IP akan beralih terus waktu modem mati atau di-Restart. Karena itu hal ini menyulitkan kita buat terhubung mikrotik dari luar jaringan.

Sebenarnya ada sekian banyak metode yang biasa di pakai, tapi disini saya akan memaparkan hanya 2 metode yang biasa saya gunakan.


Pada awal mulanya pastikan lalu IP yang di dapat dari ISP sudah terpasang di Mikrotik, bias memanfaatkan Dial-Up langsung dari mikrotik, atau menggunakan feature DMZ yang di miliki oleh modem Indihome, buat tutorialnya bias di baca disini, angsung saja berikut penjelasannya :

Cara Remote Mikrotik Dari Luar Jaringan Melalui IP Cloud

Feature ini ialah feature standart dari Mikrotik Routerboarsi routerboard memiliki feature ini kecuali routerboard x86 atau mikrotik yang di install di Komputer.

1. Buka mikrotik lewat winbox
2. Klik pada menu IP > Cloud
3. Centang pada "DDNS Enable"
4. Centang pada Up date Time" supaya teranyar terus dikala ganti IP Publik
5. Setelah selesai akan muncul DNS Name, simpan DNS Name tersebut karena alamat itu yang akan difungsikan utk meremote mikrotik dari jarak jauh.

Cara Remote Mikrotik Dari Luar Jaringan DDNS Tunnel My.ID

Metode kemudian saya menggunakan feature cuma-cuma dari tunnel.my.id, sebenarnya konsepnya sama dengan IP Cloud Mikrotik ialah mengupdate terus IP Public dinamis yang di berikan oleh ISP biar tetap terkoneksi dengan DNS. Langkah-langkahnya seperti berikut :


1. Buka situs http://tunnel.my.id dan daftar akun baru.
2. Setelah mempunyai akun caru selanjutnya daftar ddns dengan mengklik add ddns.
3. Masukkan subdomain yang di harapkan setelah itu simpan.
4. Setelah disimpan kalian akan mendatkan data nama Subdomain dan URL Update.
5. Selanjutnya buka mikrotik memanfaatkan winbox dan masuk ke menu Sistem - Scheduller dan masukkan script seperti berikut : /tool fetch url=http://members.tunnel.my.id/ddns/satriamahir/URL_Subdomain_anda mode=http
6. Atur interval scheduler tiap-tiap 10 menit atau sesuai dengan Kepentingan, supaya saat IP Dinamis ganti bisa automatis teranyar sendiri tiap-tiap 10 menit.

Cara Remote Mikrotik Dari Luar Jaringan Melalui Mikrotik

  1. Pastikan kalian sudah koneksikan router mikrotik mengakses ke internet, seandainya belum kalian bisa mengikuti anjuran Mengkoneksikan Jaringan Mikrotik ke Internet. Pastikan juga kalian sudah mempunyai hosting dan domain, serta os mikrotik versi 6.14 ke atas.
  2. Buka menu New Terminal ketikan perintah ip cloud, set ddns-enabled-yes update-time= yes , sehingga mikrotik melakukan proses request nama DNS lewat IP Cloud Server memanfaatkan nama domain tersebut dan akan kita gunakan buat melakukan proses remote ke Mikrotik maupun Server.
  3. Lalu ketikan perinta print utk menampilkan hasil nama domain dari ip cloud mikrotik, lalu kalian copy ke notepad dns-name yang telah kita dapat.
  4. Sekarang saatnya test nama domain nya kalian ketikkan domain yang telah kalian dapat ke browser yang kalian gunakan.

Demikianlah artikel yang dapat saya tulis mengenai cara remote mikrotik dari luar jaringan, semoga artikelnya dapat bermanfaat dan terima kasih.