FTP Server Digunakan Pada Topologi Jaringan Dengan Arsitektur

FTP Server Digunakan Pada Topologi Jaringan Dengan Arsitektur

Halo teman-teman networking kembali lagi di blog satria mahir.Pada kesempatan kali ini satria mahir akan menulis artikel tentang ftp server digunakan pada topologi jaringan dengan arsitektur.Langsung simak bareng bareng saja ya.

Apa Itu FTP Server?

Pada awal mulanya Anda mesti tahu dahulu pengertian dari FTP Server. Yakni singkatan dari File Transfer Protocol, FTP yakni protokol internet yang terjadi dalam satu lapisan aplikasi yang berfungsi sebagai fasilitas tukar-menukar data antara client dan server dalam satu buah jaringan. 

Uniknya, FTP bisa diatur jadi pelayanan yang bisa dimanfaatkan oleh banyak orang, maka seluruhnya orang bisa membuka data dalam satu buah pc dengan mudah. 

Biarpun begitu, FTP sudah memiliki tingkat keamanan yang terjamin dan hanya client yang tercatat dan memiliki izin saja yang bisa mengaksesnya.

Sedangkan FTP Server Digunakan Pada Topologi Jaringan Dengan Arsitektur yaitu client to server.

Siapa Pengguna Jaringan FTP Server?

Pengguna jaringan ftp server biasanya adalah seorang web developer.Dikarenakan operasional ftp sering dilakukan dalam unggahan file ke hosting.

Ada banyak macam software yang bisa dipakai untuk mengakses FTP Server antara lain :

  1. FileZilla
  2. Xlight FTP Server
  3. Complete FTP
  4. Core FTP Server
  5. Dll

Mengapa Menggunakan Metode FTP Server?

Dari pengertian FTP Di atas, kita tahu bahwa FTP memiliki fungsi untuk melakukan pertukaran file antara computer server dan client.

FTP beri dukungan proses pertukaran data dengan ukuran segede apapun. Karena berada pada satu jaringan lokal, proses transfer data akan terjadi dengan sangat cepat, berlainan apabila dengan proses unduh atau unggah di internet.

Rute komunikasi pada FTP tidak hanya 1 arah, namun memberi dukungan komunikasi dua arah. Tidak hanya client bisa terhubung data yang disediakan oleh server, COMPUTER server juga bisa membuka data yang di sharing oleh client.

Ini akan memudahkan proses komunikasi dan berbagi data. Dampak kehilangan file kalau tidak berhasil di tengah transaksi download/upload tidak akan dirasakan apabila memakai FTP karena automatic ter-back up.

Kalian tidak usah risau tentang keamanan data. FTP server memiliki domain, ID user dan kata sandi bagi client yang mesti didapat client buat bisa membuka server.

Sederhananya, user mesti mendapat persetujuan apalagi dulu dari server jikalau ingin membawa data dari server. Adanya step verifikasi tersebut, memberikan jaminan keamanan lebih dalam melakukan file sharing.

Utk bisa menikmati bermacam manfaat FTP Di atas, lebih-lebih dulu freebudies mesti tahu cara memakai FTP.

Bagaimana Cara Menggunakan FTP Server?

Utk bisa menikmati layanan FTP, freebudies mesti memanfaatkan aplikasi FTP client. Ada bermacam aplikasi FTP client yang bisa dimanfaatkan freebudies dengan cara free diantaranya Filezilla, Winscp, GFTP, dan lain sebagainya.

Diantara beragam aplikasi FTP yang ada, Filezilla yakni yang paling familiar. Filezilla ternama dengan fiturnya yang lengkap, support pada beraneka ragam system operasi seperti linux dan windows, serta proses transmisi data yang simultan.

Buat dapat memakai FTP lewat aplikasi Filezilla, lebih-lebih dulu unduh aplikasi filezilla yang banyak sedia baik di web resmi, blog, maupun website-website internet.

Kalau sudah anda dapatkan, setelah itu install aplikasi Filezilla pada KOMPUTER anda. Seandainya langkah tersebut telah dilakukan, freebudies bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

Bukalah tampilan “Site Manager” yang ada di posisi pojok atas bagian kiri aplikasi filezilla.

Supaya situs atau web freebudies bisa tercatat pada filezilla, sehingga apalagi dulu daftarkan web freebudies ke “Site Manager” pada filezilla. Memilih menu “New Site”, seterusnya isi identitas site sesuai dengan uraian web freebudies.

Jika konfigurasi telah selesai, kini filezilla freebudies siap utk dihubungkan. Lebih-lebih dulu pastikan server dan client sudah mengakses jaringan. Pastikan juga pengaturan IP antara server dan client sudah benar maka saling terhubung.

Apabila sudah kembali ke aplikasi Filezilla, memilih connect / OK utk menghubungkan ke server FTP freebudies.

Masukan username dan kata sandi FTP sesuai dengan yang dimasukan pada konfigurasi Pada awal mulanya. selamat freebudies sudah masuk ke dalam Filezilla dan sudah tahu bagaimana cara memanfaatkan FTP server.

Demikianlah artikel yang saya tulis mengenai FTP Server Digunakan Pada Topologi Jaringan Dengan Arsitektur.

Semoga artikel kali ini dapat bermanfaat dan sampai bertemu kembali di lain artikel, goodbye!.