Pemasangan Terminator Pada Jaringan Bertopologi Bus Adalah

Pemasangan Terminator Pada Jaringan Bertopologi Bus Adalah

Halo teman-teman selamat datang di blog ini, pada kesempatan ini saya mau menulis artikel tentang pemasangan terminator pada jaringan bertopologi bus adalah.

Pemasangan Terminator Pada Jaringan Bertopologi Bus Adalah

Menghindari data bertabrakan dan hilang

Mengapa?

Karena fungsi terminator pada topologi jaringan Bus ialah mencegah hilangnya data dan menjamin data sampai pada alamat yang dituju.

Pengertian Terminator Pada Topologi Bus

Terminator ialah Backbone yang berfungsi utk menutup rute penting pada topologi BUS. fungsi pada topologi bus = pc atau piranti jaringan yang lain bisa dengan mudah dihubungkan satu sama lain.

Pengertian Topologi Bus

Pengertian topologi bus merupakan sebuah metode atau cara buat menghubungkan dua atau lebih computer dengan cara serial, dengan memakai kabel penting sebagai center atau pusat lalu lintas data. 

Rata rata, topologi bus dimanfaatkan pada jaringan berskala kecil di mana seluruh piranti jaringan membuka dengan kabel tunggal yang dinamakan dengan bus.


Topologi bus memakai konektor T dan BNC juga satu buah terminator. Utk alat transmisi datanya, topologi bus memakai kategori kabel Coaxial. Sesuai namanya, desain rangkaian type jaringan ini serupa seperti ruang dalam bus.

Fungsi Topologi Bus

Fungsi topologi bus yakni utk menghubungkan dua atau lebih jaringan pc buat dapat saling berukar berita atau data. 

Dengan cara singkat, prinsip kerja topologi bus ialah satu pc sebagai server lalu jaringan dipecah memakai sambungan kabel maka tiap-tiap jaringan computer atau sambungannya memiliki bus sebagai konektornya.

Jenis Topologi Bus

Topologi bus yaitu salah satu kategori topologi yang tidak jarang dimanfaatkan pada jaringan berskala kecil. Pada topologi bus seluruh piranti jaringan mengakses pada kabel tunggal yang dinamakan bus. 

Bus tersebut yang setelah itu jadi pusat lalu lintas data di mana seluruh piranti jaringan berkomunikasi dengan piranti jaringan yang lain yang sedang terhubung.

Ada dua kategori topologi bus, ialah Linear Bus dan Distributed Bus. Pada topologi jaringan berjenis linear bus seluruh piranti dalam jaringan tersebut mengakses pada satu kabel tunggal dengan dua titik akhir pada masing-masing ujung kabel.

Sedangkan pada type topologi distributed bus, ada cabang yang dibentuk pada kabel Mutlak, dan tiap-tiap cabang tersebut memiliki titik akhir tersendiri. Singkatnya distributed bus merupakan gabungan dari sekian banyak linear bus.

Ciri-Ciri Topologi Bus

Pada Biasanya, topologi bus difungsikan oleh perusahaan berskala kecil. Karakteristik topologi bus bisa dikenali yakni ada kabel tunggal yang terbentang di sepanjang jaringan. Kabel tersebut berfungsi sebagai kabel mutlak (backbone) pada jaringan topologi bus ini.

Kategori kabel yang difungsikan pada topologi bus yaitu tipe kabel coaxial. Seluruhnya piranti jaringan akan dihubungkan dengan kabel memakai konektor T, lalu membagi jurusan supaya piranti membuka dengan kabel Penting. Pada topologi bus terdapat sebuah terminator pada tiap-tiap ujung kabel jaringan. 

Fungsi terminator tersebut merupakan menyerap sinyal dan mencegah sinyal tersebut terpantul kembali. Kalau sinyal terpantul kembali sehingga tabrakan sinyal akan berlangsung pada jaringan tersebut.

Dengan cara singkatnya, ciri ciri topologi bus yaitu:

  1. Seluruh computer dalam jaringan membuka lewat kabel tunggal sebagai sarana transmisi.
  2. Kabel tunggal tersebut berfungsi sebagai backbone yang jadi rute data.
  3. Tiap-tiap ujung kabel mutlak terpasang terminator utk menghentikan sinyal dan mencegah terjadinya tabrakan sinyal.
  4. Ialah teknologi lama, yang disambungkan dengan satu kabel dalam satu baris
  5. Tidak membutuhkan peralatan aktif buat menyambungkan terminal/komputer.
  6. Paling sering pada bagian ujung kabel mutlak terpasang terminator yang berfungsi buat menghentikan sinyal supaya tidak berbalik arah ke segi ujung lain.
  7. Ujung kabel dipasang konektor 50 ohm.
  8. Seandainya kabel putus, sehingga pc lain tidak bisa berkomunikasi.
  9. Sulit mengidentifikasi masalah yang muncul.
  10. Dukungan teknologi sudah tidak ada (discontinue support).

topologi yang pada umumnya digunakan oleh kabel coaxial adalah,server yang memudahkan pengalokasian alamat ip kepada setiap user dalam suatu jaringan adalah,televisi termasuk kedalam jenis-jenis transmisi

alat yang berfungsi untuk menghubungkan 2 jaringan dengan segmen yang berbeda adalah,hubungan sip peer to peer antara dua ua yang berlangsung selama beberapa waktu disebut

jenis kabel berikut ini yang digunakan pada topologi bus adalah,berikut adalah fungsi dari firewall, yaitu,dibawah ini yang merupakan perangkat jaringan kecuali

Demikianlah artikel yang dapat saya tulis mengenai Pemasangan Terminator Pada Jaringan Bertopologi Bus Adalah, semoga dapat bermanfaat dan terima kasih.