Pengertian Jaringan Komputer : Jenis, Topologi, Lengkap!

Pengertian Jaringan Komputer : Jenis, Topologi, Lengkap!

Halo teman-teman satria mahir selamat datang, pada kesempatan kali ini saya mau menulis artikel tentang pengertian jaringan komputer.

Saat ini pemakaian internet sudah mencakup nyaris seluruh penjuru dunia. Bahkan, di Indonesia sendiri, pengguna aktif internet juga mengalami peningkatan yang signifikan. Salah satu satu fungsi dari internet sendiri merupakan utk menghubungkan antara satu jaringan pc dengan jaringan yang lain.

Pada artikel kali ini akan membahas sekitar apa itu jaringan pc hingga tipe – Kategori, dan manfaat yang dimilikinya. Sebenarnya istilah ini sudah sangat tidak jarang anda dengar dan pastinya banyak difungsikan dalam kehidupan sehari – hari.

Pengertian Jaringan Komputer

Pengertian jaringan pc yakni dua atau lebih computer yang membuka satu sama lain dan dimanfaatkan buat share data. Jaringan pc dibangun dengan kombinasi hardware dan software.

Buat membuat jaringan Pc, switch dan router memakai beraneka ragam protokol dan algoritma utk bertukar info dan utk mengambil data ke titik akhir yang diinginkan.

Tiap-tiap titik akhir (kadang dinamakan host) dalam jaringan memiliki pengenal unik, tidak jarang kali alamat IP atau alamat Alat Access Control yang dimanfaatkan buat menunjukkan sumber atau maksud transmisi. Endpoint dapat mencakup server, computer pribadi, Telephone, dan beraneka ragam tipe hardware jaringan.

Jaringan computer juga mungkin dibuat dengan memanfaatkan gabungan teknologi kabel dan wireless. Piranti jaringan berkomunikasi lewat medium transmisi kabel atau wireless.

Utk jaringan yang memakai kabel, Anda mungkin membutuhkan optical fiber, coaxial cable, atau kabel tembaga.


Sementara itu, trayek jaringan wireless termasuk juga jaringan pc yang memakai koneksi data wireless utk menghubungkan titik akhir. Titik akhir ini termasuk juga radio siaran, radio seluler, microwave, dan satelit.

Jaringan bisa jadi private atau publik. Jaringan private rata rata memerlukan user utk memasukkan kredensial utk terhubung jaringan. 

Kebanyakan, ini diberikan dengan cara manual oleh admin jaringan atau diperoleh langsung oleh pengguna lewat kata sandi atau dengan kredensial Yang lain. Jaringan publik seperti internet tidak membatasi akses.

Awal Mula Jaringan Komputer

Peristiwa mula-mula kali dimulai dari munculnya konsep atau ide utk memanfaatkan satu computer dengan cara bersama – sama. Proyek ini dijalankan oleh sekelompok periset dari Kampus Havard di Laboratorium Bell yang dikepalai oleh Howard Aiken.

Pada thn 1950, saat nomor wahid computer berhasil diciptakan, saat itulah system TSS (Time Berbagi Sistem) juga ditemukan. Momen ini yaitu salah satu peristiwa penting Di mana, jaringan computer perdana kali diaplikasikan.

Seiring berjalannya waktu, pada thn 1982 Transmission Control Protocol (TCP) berhasil ditemukan. Seterusnya, pada thn 1984 Domain Name Sistem (DNS) juga telah ditemukan. 

Dan momen paling bersejarah lahir pada thn 1990, di mana Tim Berners Lee mencetuskan acara World Wide Situs (WWW). Dan utk th – thn berikutnya, jaringan pc mengalami perkembangan yang sangat pesat.

Jenis-Jenis Jaringan Komputer

Setelah membaca sekian banyak ulasan singkat tentang pengertian dan histori jaringan Computer, setelah itu kita akan membahas sekian banyak hal terkait kategori dari jaringan computer itu sendiri.

1. PAN (Personal Area Network)

Type jaringan ini mencakup wilayah yang lebih kecil, contohnya saja pada kantor, dan Hunian. Kebanyakan, banyak dimanfaatkan hanya buat kepentingan internet, serta printer. Dan tidak memerlukan resources yang besar buat memakai jaringan PAN.

2. LAN (Local Area Network)

Jaringan LAN berfungsi buat menghubungkan piranti jaringan dalam kondisi jangkauan yang relatif kecil. Contoh penerapan jaringan LAN merupakan system jaringan pada sekolah, kantor, ataupun rumah.

Banyak orang yang condong memakai konektivitas tertentu, terutama pada token ring dan ethernet. Tidak cuma itu, LAN juga sediakan teknologi jaringan wireless dengan memakai WIfi dan lebih dikenal dengan WLAN (Wireless Local Area Network).

3. CAN (Campus Area Network)

Jaringan CAN dapat dibilang memiliki kesamaan dengan MAN, tetapi lebih terbatas dalam area lingkup universitas atau akademisi. Utk jaringan ini, lebih banyak difungsikan buat kebutuhan praktek lab, email, pembaruan kelas, dan lain sebagainya.

4. MAN (Metropolitan Area Network)

MAN ialah jaringan yang menghubungkan antara satu piranti computer dengan piranti yang lain dalam ruangan lingkup kota pada jaringan yang sama. Type jaringan ini lebih besar dari dari jaringan LAN.

5. WAN (Wide Area Network)

WAN yaitu kumpulan dari LAN yang menyebar dengan cara geografis. Jaringan WAN condong utk memanfaatkan teknologi seperti ATM, X.25, serta Frame Relay buat konektivitas jarak yang lebih jauh lagi.

6. Internet

Internet ialah jaringan computer paling besar yang sempat diciptakan oleh manusia. Ruangan lingkup dari internet mencakup nyaris seluruh penjuru dunia. 

Siapapun dapat membuka bermacam macam sumber berita dalam beragam piranti Computer, seperti Komputer, Handphone pintar, Notebook, tablet, Televisi, dan lain sebagainya.

7. VPN (Virtual Private Network)

VPN yakni salah satu solusi utk sediakan koneksi internet yang lebih aman. VPN dapat membuat rute aman utk kepentingan transmisi data. Saat ini, banyak sekali platform yang jual VPN dengan cara Free, ataupun sediakan akses premium.

Jaringan Computer Berdasarkan Type Transmisi

Berdasarkan bentuk fundamentalnya, jaringan pc terbagi jadi dua Type, adalah jarak dan transmisinya. Berikut ini terdapat dua type klasifikasi type komputer network berdasarkan transmisinya.

1. Broadcast

Jaringan broadcast yakni saluran komunikasi tunggal yang difungsikan dengan cara bersama – sama oleh sekian banyak piranti (device) yang saling terkoneksi ke jaringan yang sama. Paket yaitu pesan berukuran kecil yang dikirim oleh sebuah mesin menuju mesin yang lainnya.

Field dari alamat berisi keterangan menyangkut pada siapa maksud paket tersebut akan dikirimkan. Seandainya paket tersebut tertuju terhadap ia sehingga akan serta-merta diproses. Jikalau paket terkirim ke mesin yang lain, sehingga mesin automatis akan mengabaikannya.

2. Point-to-Point

Tipe yang ke-2 yaitu jaringan point-to-point tersusun atas sekian banyak koneksi pasangan individu, dari satu piranti menuju piranti yang lain. Buat dapat mengirim satu buah paket ke maksud alamat, sehingga butuh buat melintasi sekian banyak mesin perantara.

Maka, sangat sering akan melintasi banyak route yang bisa saja tidak serupa jarak. Oleh karena itu, algoritma route sangat memegang peranan penting pada jaringan ini.

Topologi Jaringan Komputer

Dalam jaringan Pc, topologi mengacu pada tata letak piranti yang Membuka. Topologi jaringan pc bisa dibilang sebagai bentuk atau struktur virtual jaringan. Bentuk ini tidak senantiasa sesuai dengan tata letak fisik sebenarnya dari piranti di jaringan.

Sebagai contoh, computer di jaringan hunian dapat diatur dalam lingkaran di area keluarga, tapi sangat tidak mungkin buat menemukan topologi cincin di sana. Topologi jaringan dikategorikan ke dalam type basic berikut:

  1. Bus (bis)
  2. Ring (cincin)
  3. Star (bintang)
  4. Tree (pohon)
  5. Mesh (jala)

Jaringan yang lebih kompleks dapat dibangun sebagai hybrid dari dua atau lebih dari topologi basic di atas.

Bus

Topologi jaringan computer bus memakai kabel sebagai tulang punggungnya. Kabel ini berfungsi sebagai alat komunikasi. 


Piranti yang ingin berkomunikasi dengan piranti lain di jaringan mengirim pesan siaran lewat kabel yang mengakses ke dua piranti itu, namun hanya penerima yang dituju yang Memang menerima dan memproses pesan tersebut.

Ring (Cincin)

Dalam jaringan cincin, tiap-tiap piranti memiliki dua “tetangga” buat maksud komunikasi. Seluruhnya pesan perjalanan lewat cincin ke arah yang sama (baik “searah jarum jam” atau “berlawanan arah jarum jam”).

Apabila ada kerusakan di kabel atau piranti merusak loop dan dapat menurunkan seluruh jaringan. Buat mengimplementasikan jaringan cincin, umumnya memanfaatkan teknologi FDDI, SONET, atau Token Ring. Topologi ring ditemukan di sekian banyak gedung perkantoran atau Universitas.

Star (Bintang)

Banyak jaringan hunian memanfaatkan topologi bintang. Jaringan bintang memiliki titik koneksi pusat yang dinamakan “hub node” yang mungkin adalah hub jaringan, switch atau router. Piranti rata rata membuka ke hub dengan Unshielded Twisted Pair (UTP) Ethernet.

Di bandingkan dengan topologi bus, jaringan bintang biasanya membutuhkan lebih banyak kabel, namun kegagalan dalam kabel jaringan bintang hanya akan menurunkan satu akses jaringan pc dan bukan seluruh LAN. Jikalau( hub Tidak sukses, bagaimanapun, seluruh jaringan juga Tidak sukses.

Tree (Pohon)

Topologi pohon bergabung dengan topologi bintang utk mencetak topologi bus. Dalam bentuk yang paling sederhana, hanya piranti hub yang membuka langsung ke bus pohon, dan tiap-tiap hub berfungsi sebagai akar dari pohon Piranti. 

Dengan hybrid antara bus dan bintang ini mensupport perluasan jaringan dengan jauh lebih baik daripada bus atau bintang saja.

Mesh

Topologi mesh memperkenalkan rencana Jalur. Tidak seperti topologi Diawal mulanya, pesan yang dikirim pada jaringan mesh dapat membawa salah satu dari sekian banyak trayek yang mungkin dari sumber ke Maksud. Sekian banyak WAN, terutama Internet, memakai routing mesh.

Macam-Macam Piranti Jaringan Komputer

Sekarang, telah banyak dikembangkannya beraneka macam piranti jaringan pc buat mempermudah dan memaksimalkan kinerja system jaringan. Berikut ini yaitu sekian banyak macam piranti yang tidak jarang anda jumpai dan anda gunakan.

1. Server

Server berfungsi sebagai tempat atau sarana buat menaruh Kabar, serta mengelola jaringan Pc. Server memiliki spek yang lebih tinggi dari client. Karena maksud dari dibuatnya server benar-benar utk melayani pc client.

2. NIC (Network Interface Card)

NIC dapat dinamakan juga dengan LAN Kartu Expansion Board yang dipakai agar pc dapat mengakses dengan jaringan. Ethernet terbagi jadi empat Kategori, yakni ethernet (10 Mbit/detik), fast ethernet (100 Mbit/detik), gigabit ethernet (1000 Mbit/detik), dan tengig (10000 Mbit/detik).

3. Kabel jaringan

Kabel ialah fasilitas buat menghubungkan satu piranti dengan piranti yang lain. Terdapat sekian banyak kategori kabel buat pelaksanaan saluran jaringan. Diantaranya yakni kabel coaxial, fiber optic, dan twisted pair.

4. Hub dan Switch

Switch yakni piranti jaringan computer yang berfungsi buat menghubungkan sekian banyak Pc. Dengan cara fisik, bentuk dari switch sama dengan hub, tetapi apabila di lihat dari segi logika switch sama dengan bridge.

Switch memiliki dua Type, merupakan unmanaged switch yang adalah kategori Paling murah. Dan managed switch yang yaitu type Paling mahal.

5. Router

Router yaitu piranti jarkom yang berfungsi utk menghubungkan jaringan LAN ke dalam satu buah jaringan WAN, serta mengelola lalu lintas dari data di dalamnya. Router dapat tentukan rute Paling baik, karena memiliki tabel routing utk melakukan pencatatan kepada seluruh alamat dalam jaringan.

6. Bridge

Bridge yaitu suatu perangkat yang dimanfaatkan buat menyambung lalu lintas antara segmen jaringan berdasarkan kabar pada satu buah data link. Bridge juga memiliki fungsi utk membagi jaringan yang besar jadi sekian banyak jaringan kecil.

7. Modem

Modem adalah piranti yang dimanfaatkan utk menghubungkan antara piranti Computer, dengan penyedia pelayanan internet atau dinamakan juga dengan Internet Service Provider (ISP).

8. Repeater

Repeater ialah sebuah piranti yang berfungsi utk memperkuat dan meregenerasi jaringan dan sinyal yang masuk. Repeater berupaya buat mempertahankan integritas dari sinyal jaringan. Kelemahan dari repeater sendiri yaitu tidak dapat melakukan filter traffic dalam jaringan.

9. Wireless card

Wireless kartu ialah piranti yang wajib diperlukan bila anda ingin membuka dalam jaringan nirkabel. Rata – rata computer kategori teranyar sudah memakai piranti yang beri dukungan wireless Kartu. Tetapi, anda juga bisa menambahkannya sendiri pada computer anda.

Manfaat Jaringan Komputer

Berikut ini yakni sekian banyak manfaat jaringan pc dalam kehidupan sehari – hari.

Utk share dokumen

Manfaat yang mula-mula dimanfaatkan sebagai fasilitas utk membagikan dokumen yang anda miliki pada piranti pc lain dengan memanfaatkan jaringan internet. Anda dapat membagikan dokumen memakai kabel data ataupun nirkabel.

Utk menjaga dan memanajemen keamanan data

Data akan semakin baik kalau disimpan dengan cara lebih terpusat. Tidak hanya itu, jaringan juga berguna utk memudahkan admin dalam melakukan manajemen data perusahaan yang penting. Dengan memakai shared server, sehingga tiap-tiap karyawan mampu utk mencari data dengan cara cepat dan efisien.

Memudahkan dalam berkomunikasi

Jaringan pc juga sangat memudahkan buat melakukan komunikasi antar tim ataupun dengan orang lain yang tidak sama geografis dengan cara cepat dan akurat. Dengan berkomunikasi dengan cara Cocok, sehingga dapat menunjang dalam mengatasi tiap-tiap permasalahan yang mungkin berjalan dalam perusahaan.

Mengemukakan kabar dengan cara cepat

Dengan pertolongan jarkom, proses penyampaian kabar jadi lebih cepat tanpa batasan waktu dan tempat. Anda dapat membaca tiap-tiap berita dari beraneka penjuru dunia.

Menolong kegiatan manusia

Dan manfaat jaringan pc terakhir yaitu menunjang tiap-tiap gerakan manusia supaya lebih efektif dan efisien. Dengan adanya jaringan yang baik sehingga tiap-tiap kegiatan baik di dalam kantor ataupun di luar kantor dapat mengakses dengan baik.

Efek Negatif Jaringan Komputer

Tidak cuma manfaat yang dihasilkan dari adanya jaringan pc itu sendiri, juga terdapat resiko negatif dari sekian banyak hal yang akan kami jelaskan berikut ini.

1. Anggaran Network

Utk dapat memanfaatkan jaringan dengan baik, sehingga anda juga butuh buat mempersiapkan tiap-tiap kebutuhannya, mulai dari software, hardware, serta investasi perencanaan network design -nya.

2. Anggaran Manajemen dan Maintenance

Utk pengelolaan manajemen dan perawatan jaringan juga butuh diperhatikan dengan cara berkala oleh tim IT profesional. Maka, menurunkan barangkali terjadinya hal yang tidak diharapkan seperti kerusakan pada piranti lunak ataupun keras.


3. Kegiatan Berbagi yang Tidak Diinginkan

Efek negatif yang Ke3, dengan adanya lalu lintas jaringan yang tidak terkontrol dengan baik, sehingga memperbesar risiko dokumen (file) yang di Berbagi terinfeksi virus atau spam pada komputer.

4. Ancaman Keamanan Jaringan (Network Security)

Dengan kemudahan proses komunikasi yang dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun dengan cara real – time, pasti saja juga meningkatkan risiko munculnya masalah yang lain. Contohnya, penyebaran konten Tanpa izin, pencurian data, hingga masalah keamanan info yang lainnya.

Rangkuman

  1. Jaringan pc merupakan dua piranti computer atau lebih saling membuka utk membagikan data dan Info.
  2. Type dari jaringan computer terdiri dari PAN, LAN, MAN, WAN, CAN, Internet dan VPN. Topologi yang difungsikan antara lain, bus, ring, star, tree dan mesh.
  3. Manfaat penting yang dipunyai yaitu memudahkan tugas manusia, serta menunjang dalam proses penyampaian berita dan komunikasi dengan tidak tersendat dan optimal.
  4. Tidak hanya anda dapat mendapati keuntungan yang besar dari pemanfaatan jaringan Pc, terdapat sekian banyak resiko negatif dari penggunaannya. Salah satu contoh nyata merupakan praktik pencurian data, hingga anggaran perawatan yang terbilang tidak murah.

Demikianlah artikel yang bisa saya tulis mengenai pengertian jaringan komputer, semoga dapat bermanfaat terima kasih.