Skema Jaringan LAN(Local Access Network)

Skema Jaringan LAN(Local Access Network)

Halo teman-teman satria mahir bertemu kembali di blog ini, pada kesempatan kali ini saya akan menulis artikel tentang skema jaringan lan.


Namun sebelum masuk kepada skemanya, tahukah kalian apa itu lan? fungsi lan sebagai apa? berikut saya rangkumkan terlebih dahulu.


Apa Itu LAN?

LAN yaitu singkatan dari Local Area Network, yang mana yakni suatu jaringan pc dengan skala kecil (local) seperti gedung perkantoran, sekolah atau rumah.


LAN kebanyakan dipakai buat share resource dalam satu buah gedung. LAN dapat berdiri sendiri, tanpa mengakses oleh jaringan luar atau internet. Tetapi jika sebuah LAN dihubungkan dengan sekian banyak LAN yang lain sehingga akan terbentuk satu buah jaringan yang dinamakan Metropolitan Area Network (MAN).


Utk membangun suatu LAN dapat memakai metode wired (kabel), wireless (tanpa kabel) maupun keduanya. Utk LAN tipe wired dibangun memanfaatkan Ethernet dan buat membangun LAN kategori wireless memanfaatkan sinyal Wi-Fi. Rata rata buat LAN yang dimanfaatkan pada rumah-rumah memanfaatkan satu buah router buat membuat satu buah jaringan sekaligus mengelolah piranti yang membuka dengannya.


Router tersebut berperan sebagai pusat koneksi dan mengizinkan piranti seperti Pc, Netbook, handphone dan tablet buat dapat saling Mengakses. Rata-rata router tersebut membuka dengan satu buah kabel atau modem utk sediakan akses internet pada piranti yang terhubung.


Baca Juga Pengertian LAN, WAN, dan MAN di artikel ini Secara Umum Jaringan Komputer Terdiri Dari Di Bawah Ini Kecuali.


Piranti pc juga dapat difungsikan sebagai pusat LAN. Pada kasus ini, computer tersebut berperan sebagai server, dan sediakan akses utk share file atau acara pada piranti yang Mengakses. Hal ini tidak jarang diterapkan pada jaringan perkantoran atau satu buah lembaga.


Fungsi Jaringan LAN

Pada dasarnya fungsi penting jaringan LAN ialah utk menghubungkan sekian banyak pc di dalam jaringan maka proses kerja jadi lebih mudah dan cepat. Sesuai dengan pengertian LAN yang dijelaskan sebelumyan, adapun maksud LAN ialah sebagai berikut:


  1. Buat menghubungkan sekian banyak computer dalam satu buah wilayah kecil.
  2. Buat mengizinkan dilakukannya komunikasi antar pc dan piranti dalam jaringan.
  3. Utk mengijinkan dan mempercepat proses sharing data dan acara antar pc di dalam jaringan.
  4. Menopang menghemat budget operasional karena piranti dalam satu jaringan dapat difungsikan dengan cara bersama-sama Contohnya( printer, server, dan lain sebagainya).


Skema Jaringan LAN

Local Area Network (LAN) ialah jaringan milik pribadi di dalam satu buah gedung atau universitas yang berukuran sampai sekian banyak Km. LAN sangat sering dimanfaatkan buat menghubungkan komputer-komputer pribadi dan workstation dalam kantor perusahaan atau pabrik-pabrik buat memanfaatkan bersama resource Contohnya( printer, scanner) dan saling bertukar informasi.


Pengertian Jaringan Lan


LAN mempunyai ukuran yang terbatas, yang berarti bahwa waktu transmisi pada keadaan terburuknya terbatas dan dapat ketahuan Pada awal mulanya. Dengan mengetahui keterbatasnnya, menyebabkan adanya mungkin utk memakai kategori desain tertentu. Hal ini juga memudahkan manajemen jaringan.


LAN memanfaatkan teknologih transmisi kabel tunggal. LAN tradisional beroperasi pada kecepatan mulai 10 sampai 100 Mbps (mega bit/detik) dengan delay rendah (puluhan mikro Secon) dan mempunyai perihal kesalahan yang kecil. LAN-LAN canggih dapat beroperasi pada kecepatan yang lebih tinggi, sampai beberapa ratus megabit/detik.


Keuntungan dari tipe jaringan LAN seperti lebih hemat dalam pengeluaran budget operasional, lebih hemat dalam pemakaian kabel, transfer data antar node dan pc labih cepat karena mencakup wilayah yang sempit atau lokal, dan tidak memerlukan operator telekomunikasi utk membuat suatu jaringan LAN.


Kerugian dari type jaringan LAN ialah cakupan wilayah jaringan lebih sempit maka buat berkomunikasi ke luar jaringan jadi lebih sulit dan area cakupan transfer data tidak begitu luas.


Demikianlah artikel yang dapat saya tulis mengenai skema jaringan lan, semoga artikel kali ini dapat bermanfaat dan goodbye!.