Skema Jaringan WAN (Wide Area Network)

Skema Jaringan WAN (Wide Area Network)

Halo teman-teman bertemu kembali dengan saya di blog satria mahir, pada kesempatan kali ini saya menulis artikel tentang skema jaringan wan.

Sebelum lanjut pada inti artikel kali ini, alangkah baiknya kita belajar terlebih dahulu apa itu wan dan kelebihan serta kekuranganya.

Apa Itu Jaringan WAN?

WAN atau Wide Area Network yaitu jaringan pc yang membentang di wilayah geografis yang luas, meski mungkin terbatas dalam batas-batas Negeri. WAN dapat berupa koneksi LAN yang menghubungkan ke LAN lain lewat saluran telephone dan gelombang radio dan mungkin terbatas pada perusahaan (korporasi atau organisasi) atau dapat diakses oleh publik.

Teknologi ini mempunyai kecepatan tinggi dan relatif mahal. Ada dua type WAN: Switched WAN dan Point-to-Point WAN. WAN sulit utk didesain dan dirawat. Serupa dengan MAN, toleransi kesalahan WAN lebih sedikit dan ada lebih banyak kemacetan di jaringan. Sarana komunikasi yang dipakai utk WAN yaitu PSTN atau Satellite Link.

Karena transmisi jarak jauh, kebisingan dan kesalahan condong berlangsung pada WAN. Kecepatan data WAN lambat, adalah sekitar kecepatan LAN ke-10, karena ini melibatkan peningkatan jarak dan peningkatan jumlah server dan terminal, dll. Kecepatan WAN berkisar dari sekian banyak kilobit per detik (Kbps) hingga megabit per detik (Mbps).

Penundaan propagasi ialah salah satu masalah paling besar yang dihadapi di sini. Piranti yang dimanfaatkan buat transmisi data lewat WAN Merupakan: Kabel optik, Gelombang Mikro dan Satelit. Contoh dari Switched WAN merupakan jaringan mode transfer asinkron (ATM) dan Point-to-Point WAN merupakan saluran dial-up yang menghubungkan pc hunian ke Internet.

skema jaringan wan,skema jaringan lan,skema,jaringan man,skema jaringan internet,fungsi dari perangkat router adalah,skema jaringan inter jaringan,skema inter jaringan,gambar jaringan wan,skema interjaringan

Kelebihan Dan Kekurangan Jaringan WAN


Kelebihan Jaringan WAN

  1. Bisa diakses dengan jangkauan area grografis yang luas.
  2. Dapat sharing Sharing( software dan resources dengan koneksi workstations.
  3. Pesan dapat dikirim dengan sangat cepat pada orang lain.
  4. Seluruhnya orang bisa meraih kabar up date dengan cara real time.
  5. Sharing informasi/file (share) lewat area yang lebih besar.

Kekurangan Jaringan WAN

  1. Budget operasional mahal.
  2. Dalam hal settingan atau pengaturan jaringan WAN lebih sulit dan rumit, tidak hanya itu alat-alat yang difungsikan juga sangat mahal.
  3. Memerlukan Firewall yang baik utk membatasi pengguna luar yang masuk dan bisa mengganggu jaringan ini.
  4. Rentan pada hacker atau ancaman dari luar Yang lain.

Skema Jaringan WAN

Skema Jaringan WAN

Buat mengoneksikan jaringan WAN kita mesti memakai fasilitas husus yang bekerja sebgai pusat Pelayanan, contohnya satelit VSAT. VSAT adalah jaringan atau system komunikasi satelit yang terdiri atas banyaknya stasiun remote (terminal VSAT) dengan memanfaatkan antena parabola berdiameter lebih kecil di bandingkan dengan komunikasi satelit Yang lain, memanfaatkan suatu atau sebahagian transponder satelit sebagai pengulang (repeater) dengan didukung peralatan pada stasiun dan suatu stasiun bumi utama.

Hasil gambar utk Ide Jaringan WAN

WAN yakni kumpulan dari sekian banyak LAN yang digabungkan jadi satu buah jaringan baru. Di sini VSAT berperan sebagai alat penghubung antara satu buah jaringan LAN. Jadi tiap-tiap jaringan LAN ialah stasiun terminal. WAN mencakup daerah geografis yang luas, paling sering mencakup satu buah negeri atau benua. Pada sebahagian besar WAN, jaringannya terdiri dari dua komponen : kabel transmisi dan element switching. Kabel transmisi memindahkan bit-bit dari satu mesin ke mesin Yang lain. Element switching yakni computer kusus yang digunakan buat menghubungkan dua kabel transmisi atau lebih.

Pada system WAN dengan sarana VSAT sehingga tidak cuma server pada tiap jaringan LAN-nya masih ada server lain yang lebih besar yang berada pada stasiun Hub. Server ini akan mengontrol komunikasi antar terminal VSAT yang berada di bawahnya. Server yang berposisi di stasiun terminal hanya dapat menampung data dari server workstation-workstation yang berada di bawahnya.

System kerja dari WAN yaitu seperti halnya jaringan LAN hanya bila di inginkan transfer data dari user di terminal VSAT yang lain sehingga server yang berada pada terminal VSAT tersebut akan menghubungi stasiun Hub dan stasiun Hub akan menghubungkan dengan terminal VSAT yang diharapkan maka transfer data yang di inginkan dapat Berjalan. Jadi apabila user yang di inginkan dihubungi hanya berada pada terminal VSAT-nya sendiri sehingga hubungan ke stasiun Hub tidak dilakukan.

Tidak cuma difungsikan buat transfer data jaringan VSAT pada konfigurasi WAN juga dapat dimanfaatkan utk transfer video ataupun voice. Jadi terminal workstasiunnyapun tidak mesti memakai Pc, tapi bisa memanfaatkan mesin fax atau yang Yang lain. Konfigurasi tersebut juga mempunyai bit rate yang cukup tinggi buat transmisi datanya, tidak hanya itu kerahasian data terjamin pula.
Meskipun banyak manfaatnya system WAN ini akan jadi tidak efektif apabila penggunaannya hanya di bawah jumlah 100. Bila penggunaannya lebih dari 100 sehingga sitem tersebut jadi efektif dan Dapat diandalkan. Dalam perkembangan WAN, kalau jaringan LAN semakin banyak dan user (penggunanya) berada di seluruh belahan dunia sehingga system tersebut disebut Internet.

Piranti Jaringan WAN

Seperti LAN (Local Area Network), Terdapat sebanyak piranti yang melewatkan falsafah info data dalam satu buah WAN. Penggabungan piranti tersebut akan membuat infrastruktur WAN. Perangkat-perangkat tersebut yaitu :
• Router
• ATM Switch
• Modem and CSU/DSU
• Communication Server
• Multiplexer
• X.25/Frame Relay Switches

Router

Hasil gambar buat router
Router merupakan peningkatan kapabilitas dari bridge. Router mampu menunjukkan rute/jalur (route) dan memfilter berita pada jaringan yang Berlainan. Sekian banyak router mampu dengan cara automatic mendeteksi masalah dan mengalihkan rute info dari area yang bermasalah

Switch ATM

Gambar terkait
Switch ATM sediakan transfer data berkecepatan tinggi antara LAN dan WAN

Modem (modulator / demodulator)

Hasil gambar utk modem
Modem mengkonversi sinyal digital dan analog. Pada pengirim, modem mengkonversi sinyal digital ke dalam bentuk yang sesuai dengan teknologi transmisi buat dilewatkan lewat alat komunikas analog atau jaringan telpon (public telpon line). Di segi penerima, modem mengkonversi sinyal ke format digital kembali

CSU/DSU (Channel Service Satuan / Data Service Unit)

Gambar terkait
CSU/DSU sama seperti modem, hanya saja CSU/DSU mengirim data dalam format digital lewat jaringan telepon digital. CSU/DSU umumnya berupa kotak fisik yang ialah dua satuan yang terpisah : CSU atau DSU.

Multiplexer

Hasil gambar buat Multiplexer
Satu buah Multiplexer mentransmisikan gabungan sekian banyak sinyal lewat satu buah sirkit (circuit). Multiplexer dapat mentransfer sekian banyak data dengan cara simultan (terus-menerus), seperti video, sound, text, dan lain-lain

Communication Server

Hasil gambar buat Communication Server
Communication Server ialah server kusus “dial in/out� bagi pengguna utk dapat melakukan dial dari ruang remote maka dapat mengakses ke LAN

Switch X.25 / Frame Relay

Hasil gambar buat Switch X.25 / Frame Relay
Switch X.25 dan Frame Relay menghubungkan data lokal/private lewat jaringan data, mengunakan sinyal digital. Satuan ini sama dengan switch ATM, tapi kecepatan transfer datanya lebih rendah dibanding dengan ATM.

Demikianlah artikel yang dapat saya tulis mengenai skema jaringan wan, semoga dapat bermanfaat dan goodbye!.