Sntp Client Mikrotik : Cara Setting Clock

Sntp Client Mikrotik : Cara Setting Clock

Halo teman-teman satria mahir selamat datang, pada kesempatan kali ini saya mau menulis sebuah artikel tentang sntp client mikrotik.

Sntp Client Mikrotik

Pengaturan waktu (jam/tanggal/bulan/tahun) pada Router Mikrotik utama digunakan diwaktu anda sudah implementasi rule-rule berdasarkan parameter waktu, di mana rule tersebut dikonfigurasikan biar berlangsung pada waktu tertentu. Contohnya scheduler.

Ketidak sesuaian waktu antara Router Mikrotik dengan keadaan nyata, akan mengakibatkan rule tersebut tidak berlangsung sesuai Keperluan. 

Terkecuali itu, pencatatan Log pada Router juga terdapat kabar waktu kapan Log tersebut dibuat, maka akan membingungkan pembacaan bila berita waktu tidak sesuai dengan keadaan nyata.

Pengaturan waktu pada Router Mikrotik bisa dilakukan pada menu Sistem > Clock. By default waktu pada Router Mikrotik menunjukkan jam 00:00:00 tanggal Jan/02/1970. Mesti dilakukan penyesuaian waktu pada Router.

Pada RouterBoard, pengaturan manual pada Sistem > Clock tersebut akan kembali ke pengaturan default saat router reboot. Hardware RouterBoard tidak didesain buat bisa melakukan daya simpan waktu seperti hal nya satu buah Komputer.

Alternatifnya, bisa memakai service NTP (Network Time Protocol) yang mengizinkan Router bisa melakukan sinkronisasi waktu kepada piranti lain pada jaringan.
Mikrotik bisa dipakai sebagai NTP server ataupun NTP Client atau ke-2 nya dengan cara bersamaan.

Mikrotik Sebagai NTP Client

Pada package sistem RouterOS Mikrotik sudah terdapat feature SNTP (Simple Network Time Protocol) Client yang bisa dipakai buat memfungsikan Router sebagai NTP Client. Saat menyala, Router akan automatis melakukan sinkronisasi waktu kepada NTP Server yang ditunjuk maka pengaturan waktu akan tetap update.

Ada banyak NTP Server di internet yang bisa Dipakai. Contoh : id.pool.ntp.org , ntp.nasa.gov Dan seterusnya, Gunakan mode=unicast.


Hanya terdapat 2 mode pada SNTP Client, broadcast dan unicast. Buat mode yang lain (Multicast dan Manycast) bisa gunakan NTP Client dengan menginstall package ntp.npk.

Nampak SNTP Client sudah berhasil melakukan sinkronisasi. Setelah sukses melakukan sinkronisasi, tidak serta merta waktu Router sudah benar. 

Teliti pada menu Sistem > Clock . Anda akan menonton bahwa tanggal sudah sesuai akan tapi jam masih belum. Sesuaikan dengan mengatur Time Zone Name .

Mikrotik Sebagai NTP Server

Fungsi NTP Server pada Mikrotik tidak terdapat pada package default RouterOS, maka mesti install manual package ntp.npk.

Dengan fungsi NTP Server ini kita bisa memiliki suatu server didalam jaringan kita maka RouterBoard yang lain cukup mencari kabar waktu pada jaringan lokal, tidak butuh memanfaatkan bandwidth utk akses ke public NTP server di internet.

NTP server bisa kita bangun pada suatu hardware yang bisa melakukan daya simpan waktu, contohnya COMPUTER Router.

Kita bisa memastikan metode penyebaran berita waktu, bisa memanfaatkan Broadcast,Multicast atau Manycast.

Berikut contoh pengaturan NTP Server buat bisa didengar pada jaringan segment IP Address 192.168.30.0/24.

Pengaturan NTP Server tersebut memakai jenis penyebaran Broadcast, maka pada NTP Client juga mesti memakai mode yang sama biar bisa melakukan sinkronisasi waktu kepada NTP server tersebut.

Misalnya mengatur jam, ntp pada mikrotik, setting ntp client, untuk meng, gambar dibawah, menu system sntp client, klik menu system clock, waktu pada mikrotik, primary ntp server, sntp client simple, mengatur waktu, untuk mengatasinya, cara setting, salah satu.

Demikianlah artikel yang dapat saya tulis mengenai sntp client mikrotik, semoga dapat bermanfaat dan terima kasih.