Tool Yang Digunakan Untuk Menguji Kabel Jaringan Adalah

Tool Yang Digunakan Untuk Menguji Kabel Jaringan Adalah

Halo teman-teman bertemu kembali dengan saya, pada kesempatan kali ini saya akan menulis artikel mengenai tool yang digunakan untuk menguji kabel jaringan adalah.

Tool Yang Digunakan Untuk Menguji Kabel Jaringan Adalah

Tool Yang Digunakan Untuk Menguji Kabel Jaringan Adalah Lan Tester.Namun teman-teman sudah tahukah apa itu lan tester? jika belum, berikut saya rangkumkan materi mengenai lan tester.

Apa Itu Lan Tester?

LAN TESTER Piranti ini difungsikan utk menguji konektivitas kabel jaringan, baik kabel RJ45 ataupun RJ11. Piranti ini difungsikan buat menguji konektivitas kabel jaringan, baik kabel RJ45 ataupun RJ11.

LAN tester yaitu fasilitas pengetes kabel tapi lebih spesifik buat mengetes kabel LAN (kabel UTP) karena bentuk konektornya telah disesuaikan. LAN Tester diperlukan utk periksa benar tidaknya sambungan kabel.

Utk type straight jikalau benar sehingga lampu LED (Light Emitting Diode) 1 sampai 8 berkedip. Pada gambar di bawah ditunjukkan satu kategori penguji kabel LAN. 


Dalam gambar dari bawah dari ujung kabel UTP yang sudah dipasangi konektor dan berhasil dengan baik (urutan pewarnaan pinnya ikut standar) menunjukkan sauatu keadaan bahwa urutan pin tersebut merupakan standar.

Jikalau ada penunjukkan yang tidak standar, cobalah tonton urutan warna pinnya. Utk urutan yang sangat tidak standar, tapi tetap saja bisa atau dapat di lihat bagaimana urutan tersebut, yang penting korespondensinya satu satu Kusus( jenis straight).

Fungsi Tang Ampere (Multi Function Clamp Meter)?

Tang Ampere ini mempunyai sekian banyak fungsi yaitu:
  1. Utk mengukur arus listrik tanpa memutus rangkaian (kabel) juga bisa digunakan utk mengukur tegangan listrik dan tahanan listrik.
  2. Utk mengukur besar nya arus pada satu buah penghantar tanpa mesti memutus kabel (rangkaian). Rata rata buat arus-arus yang besar.

Apa Itu SSWR (Standing Wave Ratio) Meter?

Standing wave ratio singkatan dari SWR kadang-kadang disingkat dengan istilah VSWR (Voltage Standing Wave Ratio). Jika impedansi saluran transmisi tidak sesuai dengan transceiver sehingga akan timbul daya refleksi (reflected power) pada saluran yang berinterferensi dengan daya maju (forward power). 

Interferensi ini membuahkan gelombang berdiri (standing wave) yang besar nya tergantung pada besar nya daya refleksi.

Cara Pengukuran SWR

Kadang-kadang SWR meter tidak menunjukkan harga standing wave ratio yang sebenarnya, terutama jika SWR jauh dari 1 : 1. Ini akibat rugi-rugi pada saluran transmisi. SWR meter diletakkan dekat pemancar. Umpamanya tegangan maksimum yang ke luar dari TX merupakan 10 volt.

Karena rugi-rugi redaman pada saluran, tegangan yang sampai pada antena merupakan 9 volt. Tegangan pantul dari antena 3 volt. Tegangan ini dikirim ke TX yang juga bisa mengalami redaman. Sampai di TX tinggal 2,7 volt. 

SWR yang terbaca: Tetapi jika SWR diletakkan di dekat antena, SWR yang terbaca Ialah: Nyatanya ke-2 pengukuran berbeda.

Hasil yang benar yaitu 1:2,0. Jadi seandainya apabila SWR meter diposisikan dekat dengan TX SWR yang sesungguhnya lebih besar daripada yang terukur. Kesalahan akan bertambah besar kalau saluran transmisinya panjang. 

Dalam praktek cara mula-mula boleh diperlukan jika SWR menunjukkan nilai rendah (SWR 1:1,1) karena penambahannya sedikit.

Namun jikalau penunjukan jadi 1:1,0 atau lebih segeralah pindahkan SWR meter ke dekat antena supaya penunjukannya tidak terlampaui banyak meleset. 

Lebih-lebih apabila kabel koaxialnya panjang sekali (20 meter atau lebih) atur kembali matching antena anda.

crimping kabel,alat yang digunakan untuk,kabel utp straight,cable tester,cara mengecek,cara membuat,jaringan komputer,membuat kabel,rj 45

Demikianlah artikel yang dapat saya tulis mengenai Tool Yang Digunakan Untuk Menguji Kabel Jaringan Adalah, semoga dapat bermanfaat dan terima kasih.