Cara Belajar Mikrotik Tanpa Routerboard

Cara Belajar Mikrotik Tanpa Routerboard

Halo teman-teman satria mahir, pada kesempatan siang ini saya mau menulis artikel tentang cara belajar mikrotik tanpa routerboard.

Cara menggali ilmu Mikrotik dengan Winbox tanpa butuh Router Mikrotik apakah bisa? Yup bisa kok, dengan memanfaat VirtualBox maka kita bisa melakukan instalasi OS yang dimanfaatkan Mikrotik ialah RouterOS. Anda juga bisa memakai WinBox buat melakukan konfigurasi pada Mikrotik.

Winbox ialah utilitas yang dipakai buat melakukan konfigurasi atau pengaturan di miktrotik. Konfigurasi yang dilakukan yakni dengan memanfaatkan Mac Address ataupun protokol IP.

Dengan adanya winbox, sehingga kita bisa melakukan pengaturan mikrotik routerOS ataupun routerBoard dengan menggunakan mode GUI dengan cara cepat dan sederhana. 

Tidak cuma itu, winbox dibua dengan memakai win32 binary. Tetapi butuh anda tahu bahwa winbox hanya bisa berlangsung pada system operasi Windows.

Cara Belajar Mikrotik Tanpa Routerboard

Berikut ini pedoman cara mempelajari Mikrotik dengan WinBox tanpa butuh membutuhkan Router atau Mikrotik asli.

1, Setting IP Address pada Mikrotik (VirtualBox)
Hal mula-mula yang butuh anda lakukan merupakan mengatur IP Address pada Mikrotik anda. Disini kita tidak memanfaatkan Mikrotik asli melain menginstall RouterOS (OS pada Mikrotik) pada VirtualBox. Penampakan serupa kok dengan yang ada pada Mikrotik asli.

  1. Bila anda belum menginstall RouterOS pada VirtualBox, anda bisa simak anjuran disini. Okey, saya anggap anda sudah menginstallnya ya. 
  2. Setelah itu anda atur pengaturan networknya seperti ini. Memilih Host-only adapter ya. Mengapa ada tulisan #4 pada host-only adapter saya? Itu karena host-only adapter di notebook saya ada banyak, #4 artinya host-only adapter yang keempat. Setelah itu memilih OK.
  3. Setelah lakukan virtual mikrotiknya. Tampilannya kelak seperti ini. Setting IP address pada Mikrotik dengan perintah:
  4. Seterusnya buat periksa apakah IP address berhasil ditambahkan atau belum, melaksanakan perintah ini. Perintah tersebut dipakai buat menampilkan daftar IP address yang telah kita tambahkan.


Setting IP Address pada Notebook Kita

  1. Seterusnya kita juga butuh mengatur Host-only adapter pada netbook kita. Caranya masuk ke Control Panel, seterusnya memilih Network and Internet.
  2. Setelah itu anda memilih Network and Share Center.
  3. Kemudian anda memilih Change adapter settings.
  4. Setelah itu klik kanan pada VirtualBox Host-Only Network #4 (sesuai pada langkah Diawal mulanya) Selanjutnya memilih Properties.
  5. Setelah itu anda klik 2X opsi Internet Protocol Versi 4 (TCP/IPv4).
  6. Setelah itu setting IP address seperti ini. Buat default gateway, kita isi dengan IP address mikrotik. Kemudian memilih OK.
  7. Seandainya anda mendapati warning seperti ini, tinggal memilih Yes.
  8. Buka kembali VirtualBox, cobalah dicek apakah Mikrotik (pada VirtualBox) sudah mengakses dengan notebook kita. pastikan status koneksinya tidak timeout ya. Cara teliti koneksinya dengan mengetikkan:
  9. Langkah setelah itu kita akan terhubung Mikrotik dengan WinBox Unduh( disini). Masuk ke menu Tools setelah itu memilih Legacy Mode.
  10. Setelah itu klik MAC Address atau IP Address mikrotik yang telah terdeteksi. Apabila mikrotik tidak muncul, tinggal memilih Refresh. Seterusnya login sebagai administrator seterusnya memilih Connect.
  11. Sekarang anda bisa menggali ilmu Mikrotik dengan WinBox seperti gambar di bawah ini. Tampilannya 100% sama dengan memakai Mikrotik / Router asli.

Manfaat Memanfaatkan Winbox

Ada sekian banyak manfaat yang bisa anda dapatkan seandainya mencari ilmu Mikrotik dengan pertolongan WinBox, diantaranya:

  1. Winbox difungsikan utk melakukan setting pada mikrotik router yang ada di dalam GUI Mode.
  2. Winbox juga diperlukan buat memblokir website ataupun website.
  3. Fungsi lain dari winbox yaitu diperlukan buat mengatur bandwidth serta buat membatasi kecepatan jaringan.
  4. Terkecuali itu, winbox juga berguna utk mempercepat pekerjaan.
  5. Winbox dapat difungsikan sebagai remote yang akan mengontrol mikrotik dari jarak jauh.
  6. Dengan memakai winbox, sehingga anda bisa melakukan pengaturan pada alamat IP dan juga dapat melakukan pengaturan utk bisa masuk ke web tertentu.

Fitur-Fitur Pada Winbox

Di bawah ini kami akan memberikan sekian banyak feature pada winbox yang tidak jarang diperlukan oleh administrator jaringan:

  1. Neighbors, adalah satu buah feature yang difungsikan buat menemukan serta menunjukkan piranti MNDP atau mikrotik neighbor discovery protocol ataupun DCP atau cisco discovery protocol.
  2. Managed, feature ini dapat difungsikan buat mengetahui entry yang sudah disimpan.
  3. Set Master Kata sandi, dipakai buat membuat sandi maka bisa menimbulkan entry di jendela Managed.
  4. Add/Set, digunakann utk mengubah ataupun menaruh alamat, Kata sandi, login, sesi, catatan, dan juga Group. Entry yang sudah disimpan tersebut setelah itu akan ditampilkan pada Managed.
  5. Tools, feature ini dapat dipakai utk menjalankan beraneka macam fungsi. Salah satunya ialah mengimport ataupun mengeskpor alamat yang berasal dari dan ke WBX.
  6. Connect, dimanfaatkan buat menghubungkan ke routerOS.
  7. Connect to, diperlukan buat menghubungkan ke maksud mac address atau IP dari router.
  8. Login, username yang akan dimanfaatkan utk autentifikasi.
  9. Kata sandi, sandi utk melakukan autentifikasi.

Demikianlah artikel kali ini mengenai cara belajar mikrotik tanpa routerboard, semoga bermanfaat dan terima kasih.