Cara Setting Mikrotik Groove 52HPN Sebagai Client

Cara Setting Mikrotik Groove 52HPN Sebagai Client

Halo teman-teman satria mahir, pada kesempatan kali ini saya mau menulis artikel tentang cara setting mikrotik groove 52hpn sebagai client.

Cara Setting Mikrotik Groove 52HPN Sebagai Client

Groove A-52HPn memiliki uraian yang cukup lengkap, dengan RouterOS level 4 dapat menjadikannya sebagai server hotspot, tidak cuma berfungsi sebagai router sudah terintegrasi piranti wireless yang dapat langsung kita gunakan sebagai bridge dari jaringan internet ke wireless ataupun sebagai server hotspot.

Seri ini dapat bisa memakai antena Grid buat point to point ataupun antena Omni sebagai server Hotspot. Kalau anda menggunakan product ini buat RTRW Net sangat disarankan. Nah berikut konfigurasi buat menjadikan server Hotspot.


1. Buka aplikasi winbox nya, lalu cari mac address piranti mikrotik yang hendak agan setting.. atau juga bisa dengan cara memasukkan IP address piranti mikrotik agan dengan catatan agan mesti men setting ip KOMPUTER agan apalagi dulu biar dapat Membuka. Lalu klik tombol connect. Buat ip default mikrotik yakni 192.168.88.1 dan kata sandi nya biarkan kosong..

Langkah 1

2. Setelah masuk akan kelihatan penampakan awal nya sebagai berikut:

Langkah 2

3. Lalu klik tab interface, lalu seandainya interface wlan nya masih disabled klik wlan tersebut dan klik tombol checklist di atas..

Langkah 3

4. Lalu klik dua kali pada wlan tersebut.. hingga muncul penampilan sebagai berikut..

Langkah 4

5. Buka tab wireless, klik acvanced mode lalu setting sebagai berikut..

Langkah 5

6. Lalu klik scan.. lalu agan akan masuk ke penampilan scanner buat menonton SSID yang ter scan oleh piranti mikrotik agan..

Langkah 6

bila agan sudah menemukan accesspoint yang agan cari, lang sung aja klik pada SSID yang dimaksud dan klik connect.. tapi pastikan sinyal dari accesspoint yang agan terima keren atau cukup memadai buat di connect kan.. kebanyakan sih ane akan meng connect kan kalau signal yang didapat kurang dari -80 utk menghindari bisa saja koneksi putus-putus atau kecepatan koneksi yang tidak normal.

lalu seandainya telah di klik connect sehingga biasa nya penampakan scanner akan tutup dengan sendiri nya. seandainya tidak Automatic, klik saja close... lalu tunggu hingga status nya connected to ess... dan pada interface wlan terdapat tanda "R" yang ber arti running. Utk periksa nya silakan saksikan saja di tab status..

Sebagai catatan, pastikan bahwa server / accesspoint / SSID yang akan di connect kan memanfaatkan security profile atau tidak, atau memakai system add mac address, jikalau memanfaatkan salah satu nya atau mungkin ke-2 nya, agan mesti meminta kabar pada server pembuat accesspoint tersebut.. Tetapi seandainya tidak memakai ( security nya open ), security profile nya biarkan saja default.. tak usah di setting.

7. Apabila telah connect klik OK saja. lalu klik IP > addresses utk menambah kan IP address.. klik tombol add.. lalu masukkan / edit IP yang akan di tambahkan pada router ini, minimal ada satu IP buat ethernet dan satu IP utk wlan. Lalu klik OK...

Langkah 7

8. Setelah itu masukkan IP DNS di IP > DNS.. apabila telah selesai klik OK

Langkah 8


9. Nyaris selesai... sekarang agan masuk ke IP > firewall

Langkah 9

masuk ke tab NAT

10. Setelah masuk ke tab NAT, klik 2x pada NAT yang telah ada / telah dibuat.

Langkah 10

Pastikan Out interface nya set to default.. ( kosong )

Masuk ke tab action, lalu pastikan Action nya masquerade. lalu OK..

Beres deh.. lalu buat periksa apa settingan telah benar, buka New Terminal.. lalu ping IP Server / Accesspoint.. kalau berhasil, cobalah ping DNS nya.. lalu apabila terdapat akses ke internet buka browser anda dan Cobalah.

Oh, iya nyaris lupa, kalau akan periksa koneksi lewat browser, pastikan IP computer atau IP netbook agan connect ke IP ether nya mikrotik.. selamat Cobalah. :-)

Demikianlah artikel kali ini mengenai cara setting mikrotik groove 52hpn sebagai client, semoga dapat bermanfaat dan membantu terima kasih.